MASIH ADAKAH APARAT YANG BAIK ?

2012 adalah awal perkenalan dengan nya sebut saja (mr.A)kami kenal dengan nya bermula disaat aku bertandang kerumah teman ku yang saya sebut (mr.D)  profesi kedua orang ini adalah kontraktor yg berscala kecil heeee....

(mr.D) mempunyai seorang anak buah berkisar 5 sampai 6 orang, usaha yang digelutinya adalah kontractor civil alias bangunan.aku pun sangat senang jika berbincang2 dengan nya ,profil yang apa adanya ,tutur bahasanya pun berbobot jika berbicara seputar tehnik atau yang lain pasti ada saja yg membuat perut mules karna kocak... seorang lulusan tehnik arcitecture dari salah satu universitas yg berada di kota gudeg ini memang bisa di andalkan terutama di bidang design atau perancangan ....yg berhubungan dengan beton...

sedangkan (mr.A) adalah seorang aset negara yang berlambangkan burung walet merah dan berpangkat brigadir hiiiiii dia sih julukin dirinya sih getoooo....
selain aset negara dia juga mempunyai bisnis dibidang kontractor juga....wihhhhhh keren ,,, awalnya sih aku bingung kok bisa ya menjalankan 2 profesi segaligus....kalau kata temenku sih bilang gini saat akau tanya kan kok bisa ya jalanin 2 profesi ("" kalau seorang jendral pasti dengan kekuasaanya...tetapi kalau seorang kroco pasti menggunakan kenakalanya...) saat temenku bicara gitu aku lalu diam dan berfikir ...bener juga ya ,,,, 
dia pun mempunyai antek antek 3 orang dan salah satu dari antek2 nya ada yg bernasib malang bahkan ada yg hancur keluarganya karna hobi dari  si aparat alias aset negara ini.

antara kedua kontraktor ini memang ada sebuah jalinan kerjasama jadi mereka sering kumpul bareng dan menyalurkan hobi bareng...aku yang tidak ada ikatan dengan mereka pun ahirnya sering kumpul juga disaat waktu2 libur ku...aku pun senang dan menikmati hubungan pertemanan ini karna baground kami sama yaitu masih seputar teknik aku yang masih sebagai karyawan di perusahaan swasta tepatnnya di cikarang ,,,dan berstatus mahasiswa banyak yang aku petik dari hubugan pertemanan dengan mereka...hobi  yang  membuat mereka sangat akrab adalah dunia malam..sudah hobi di tambah lagi dg alasan yang kuat yaitu ENTERTAIN siapa sih yg tidak tau dunia itu yang namanya kontraktor pasti ada lah lobi-lobi heee,,,,emang pejabat besar aja yg bisa....!
karna aku yg mulai akrab dengan mereka, sering aku di ajak gabung disaat mereka sedang melakukan hobi itu, ya aku pun ikuti saja dan aku pun menikmatinya haaaaaaaa......asik sih ! dan itu pun terus terusan terulang dan membuat aku lupa akan tanggung jawabku dengan perkuliahan.ada yg paling aneh dan lucu di geng ini dari nama2 hari ada nama hari yg paling istimewa dan sampai mereka buat jadwal di hari itu  yaitu :
jumat bergengsi

kenapa kok jumat bergengsi ,karna di hari ini dimana mereka sering melakukan entertain ke client. dan pada hari jumat inilah weekend nya para karyawan perusahaan...yah menghilangkan rasa penat setelah seminggu bekerja begitulah kira2...yang aku tahu pada waktu itu adalah mereka mempunyai client sebuah perusahaan otomotif yang bertempat di kawasan mm2100 cibitung  pembesaar2 perusahaan itulah yang mereka servis atau jamu saat entertain, di sebuah cafe yg boleh di bilang elit di daerah lippo cikarang....sebut saja (mr. J) adalah seorang top manager  di perusahan itu dialah yg mengeluar kan (purchase order) yg diberikan ke dua orang tersebut.yah itu sudah pasti lah dia yang dapet upeti...heeee

semua pekerjaan yg dikeluarkan dari (mr.j) di berikan ke (mr. A) dan kemudian di subcon ke (mr D) begitulah kira kira flow chart nya...hiiiiiks. dan aku  sebagai penasehat saja sih heeee. ''kaya hakim aja'' 

waktu terus berjalan, dengan kemewahan, mereka ,hura hura, dan sebagainya adalah rutinitas yg tak pernah lepas dari mereka...
tetapi pada ahirnya pun perkumpulan merekan pun hancur dalam sekejap yg di karenakan masalah internal perusahaan (mr.A) dengan salah satu antek2nya sebut saja (mr.M) ,mr.M adalah seorang yg berasal dari jawa tengah di sudah menjadi karyawan (mr A) kurang lebih 3 tahun saat kenal denganku ,tugasnya adalah seorang teknikal engineering  tetapi saya juga gak tau pasti sih apa keahlianya saat aku kenal dia karna saya tidak terlalu akrab dengan nya...mr M inilah yg meng intruksikan semua pekerjaan yg akan di kerjaakan ke (mr.D) oleh sebab itu wajar kalau mereka pun saling akrab....yg pada ahirnya saling terbuka & curhat aku pun sendiri pernah mendengar bahwa mr.D di upah sangat murah sekali oleh (mr.A)....tetapi aku tidak terlalu ingin mengetahui privasi mereka yang kutau adalah pertemanan saja dengan mereka.
setiap pekerjaan yg di berikan oleh seorang manager (mr.J) selalu mr.M yang hadir ke perusahaan otomotif itu ,jadi sudah otomatis merekan pun juga saling kenal dan pada ahirnya ada rencana MAKAR.
yaitu mereka akan mendirikan perusahaan yg nantinya semua pekerjaan akan di ambil alih ke tempat itu yg jadi pelaksana adalah (mr.M)

sebelumnya rencana itu belum diketahui si aset negara tetapi sudah mulai dirasakan oleh (mr.A) karna sudah mulai jarang dia menerima PO dari perusahan yg di kendalikan (mr. J) haaaaa ahirnya galau deh si aset negara ."yang nama nya bangkai mau di umpetin pun pasti akan kecium juga" ,dan benar, ahirnya pun ketahuan juga belang mereka oleh (si macan,alias aset negara ,alias mr. A)hiiiiiiks banyak juga orang ini julukanya...tetapi dengan gentlleman si mr.M mengakuinya  
dan ahirnya mengajukan pengunduran diri dan bergabung dengan si top manager (mr.J)

mulai dari situ aku pun sibuk membuka pembaharuan status yang ada di BBM  tetapi tidak ada satu pun status perlawanan yang  di balas dari BBM si tertuduh, aku tahu semua karna aku mempunyai kontak bbm mereka semua , yg sangat disayangkan!!! isi perkataan2 yg sangat2 tidak enak dilihat bagi seorang aset negara mulai dari kejadian itu kami mengetahui sifat aslinya......perkataan,cacian lengkap deh pokoknya ,tetapi aku memaklumi keaadan itu mungkin si macan sedang emosi kepada (mr. M dan mr. J)....heee
aku dan mr. D hanya diam melihat itu seolah2 tidak tau apa2
tetapi kami berfikir rasional, dan berprasangka baik terhadap kejadian itu dan berharap pasti mereka akan berbaikan lagi.
anehhnya lagi bukannya mereka baikan eeeee....lha kok malah simacan makin membabi buta dengan memaki di status bbm yang ditujukan ke mr.D
aku pun melihat itu makin bingung lagi apa sebenarnya kok mr.D jadi ikut2an kena batunya ....??? selang hari berikutnya ahirnya terjawab sudah pertanyaan ku ..secara tidak sengaja aku bertemu di jalan dengan simacan, dan simacan pun menceritakan. alias curhat lah simpelnya...dia bilang kalau ternyata mr.D ada andil dibalik makar ini...jadi si mr.M dan mr.J memberikan semua pekerjaanya ke mr.D ahirnya dia simacan pun punya inisiatip kalo mr.D pasti sekongkol brooo...dia menyapaku..dengan pangilan itu.
lalu aku pun hanya mengangguk kecil ,karna aku belom tau pastinya seperti apa.
setelah pertemuanku dengan mr.A dijalan itu ,aku sudah sangat jarang sekali kumpul dengan mereka karna kesibukan ku sendiri ,pekerjaan dari kantorku yang menuntut harus survey ke luar kota ,dan urusan kuliahku yang berantakan,ahirnya aku pun focus pada tugasku sendiri 
dan aku hanya memantau keaadaan mereka melalui ponsel saja...sudah hampir 3 tahun saya tidak bertemu dengan mereka, karna saya janji dengan diriku sendiri akan focus dengan keluarga,kuliah,dan pekerjaanku ...dan ahirnya thn 2015 saya menyelesaikan kuliah wisuda  juga deh ahirnya jiahaaaaaaa dan mennyandang gelar sarjana teknik ,selesai sudah satu beban dipundaku dan banyak waktu luang yg aku miliki senang rasanya karna sangat berat sekali kuliah sambil bekerja dan ditambah lagi sudah berkeluarga heeeeem komplit deh pokoknya!!! tetapi itulah pilihanku aku harus komit dengan apa yg aku rencanakan..setelah sekian lama tidak tahu kabar teman2ku aku pun mulai bersilaturahmi ke rumah teman2ku.  sambil mencari tahu kabar tentang perselisihan nya ,dan berharap waktu sudah menghapus rasa emosi di hati mereka masing masing...diantara teman2 ku ini orang yang pertamakali mengucapkan selamat atas kelulusanku adalah (mr.D) ''makanya aku datangi dulu nih rumah nya.. haaaaaa pilih kasih nih...''
nggak lahhh secara memang aku sudah kenal lama dengan mass broo alias mr.D ketimbang lainya...ahirnya aku ngobrol lagi dengan mas broo yah kaya jumpa kangen gitu deh...tetapi aku salut denganya,,sedikitpun dia tidak cerita masalah yg terjadi dengan mr.A dia sangat dewasa sekali menyikapinya buktinya saat aku bertanya dengan nya " gimana mas masalah temen2??" dia cuma tersenyum kecil dan sambil berkata udah broo gk usah di pikirin tuhan yg tau hati kita masing2" itulah jawaban yg aku terima dari mulutnya......dan didalam hatiku bertanya "masak sih orang ini mempunyai niat persekongkolan itu ???? dari sini belum cukup informasi yang membuatku siapa yg salah dan benar dan masih kusimpan dalam hatiku.

setelah pertemuanku dg mr.D itu pun aku mulai berhati hati dalam pertemanan ,menjaga diri agar jangan  sampai kejadian ke aku sendiri ,tentunya sayang sekali kan kalau pertemanan yg sudah di jalin bertahun2 rusak begitu saja,,,"pepatah bilang rezeki itu dari tuhan...teman yg baik pun adalah rezeki" heee kata dp bbm sih!


hari-hari aku mulai merasakan jenuh harus melakukan rutinitas di perusahaan yg sudah 5 tahun aku jalani,dan aku sudah mulai memikirkan bagaimana nanti kalau aku terus bergantung kerja di pabrik.anak pertamaku yg sudah mulai tumbuh remaja,anak yg kedua sudah mulai belajar bicara dan bagaimana jika nanti jika lahir yang ke tiga ,sedangkan gaji seorang karyawan temen2 tau sendiri kan hanya pas-pasan ...ahirnya aku mengajukan pensiun dini ,kebetulan di kantorku ada efisiensi atau peawaran pesangon ,,ahirnya aku menerima tawaran itu.pesangon yg aku terima pun tidak terlalu banyak yah setidaknya bisa lah buat modal usaha bengkel las ,atau semacamnya.

akupun mulai punya gagasan akan membuat "Comanditer atau CV", saat aku menceritakan ideku kesobat lamaku sebut mr.hdr dulu waktu kami sama2 disatu perusahan radiator, dan terinspirasi dari kawan2 ku kontraktor yg dulu dan ahirnya selesai sudah urusan dengan notaris yg kuberi nama "fikha global teknik indonesia" lucu ya namanya heee
ahirnya aku mulai jalankan pelan pelan pekerjaan ini setelah satu bulan ahirnya kami mendapatkan PO juga ahirnya ...ALHAMDULILAH ...kami panjatkan puji syukur kehadirat allah sang pemberi rezeki
mulai deh kami kerjakan ,tidak terlalu besar sih nilainya tetapi lumayan lah buat orderan pertama kami yg baru merintis...dan kami pun kirim ke si pembeli & diterima dengan baik .

tak lama kemudian saya mendapat telfon dari calon customer baru ,yang ingin memesan barang ke CV saya ...mungkin perusahan itu tau kontak handphone saya dari "web" kami...widih web keren amat...hikkkkks ,yaiyalah hari gini gitu lho....ahirnya aku datangi perusahaan itu ,letaknya di kawasan "ejib" cikarang, eeeeeee....memang dunia ini sempit....saya bertemu dengan mr.A yang sama2 diundang untuk ikut tender, ahirnya kita pun berbincang 2 sekedarnya,,dia yg tau saya mempunyai CV pun mengucapkan "wih mantap broo" aku pun cengar cengir gitu deh.

setelah pertemuan itu mulailah kami sering berhubungan lewat hp terkadang dia mempersilahkan saya mampir kerumahnya sampai dia menawarkan pekerjaan2 ke saya ,ahirny pun kami menjalin hubungan kerja .berjalan kurang lebih 2 bulan kami menjalan kan kerjasama karna saya lihat dia memang tidak mempunyai orang teknik.saya berniat baik denganya disaat ada permintaan survay dari customernya saya lah yang jalan ke sana ,dari mengukur,drawing teknik,sampai estimasi saya lakukan tanpa sepeserpun dia berikan ke saya karna saya berniat bareng2 jalankan ini.perusahaan kami sama sama sudah berbadan hukum ,tetapi dia belum pernah mengeluarkan selembar kertas pun yg bertuliskan Purchase Order ke CV kami atau resmi tertulis,lebih tepatnya dia perlakukan kami seperti karyawan nya dan pada bulan berikutnya dia berbicara kesaya dan rekan saya untuk kerja sama yg sesungguhnya yaitu dengan modal 50% untung 50% dan tempat atau workshop,karyawan,alat dll kami yg menanggung,,saat itu pilihan yg sangat sulit  buat kami ,dan ahirnya kami sepakat menolak kerja sama ini karna tidak ada lagi opsi yg terbaik...dan setelah penolakan kami sampai saat ini dia pun tidak pernah ada sepatah kata pun ata telp sekalipun ,dan saya mengambil kesimpulan sendiri bahwa dia marah terhadap penolakan kami...dan pertanyaanku selama bertahun2 kusimpan dalam hati terjawab sudah tetapi  tidak akan saya sebutkan di artikel ini biarlah alloh yg menilai dan teman 2 yg membaca artikel ini yg menyimpulkan....


"terima kasih sudah mau mendengarkan cerita yg nyata kualami sendiri"


No comments:

Post a Comment

wellcome to rumah engineer